PENGANTAR
KOMPUTER & PRAKTEK B
“Penjelasan Mengenai Microsoft Access”
Penulis
: Annisa Fauziyah
NPM
: 10315869
Kelas
: 1TA04
Fakultas
: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Jurusan
: Teknik Sipil
UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS
TEKNIK SIPIL DAN PERECANAAN
2015/2016
- Tabel –> merupakan bagian dalam Ms. Access yang berisi database keseluruhan dari tiap kategori. Tabel terdiri dari bebeapa kolom yang disebut Field. Contoh: Tabel data mahasiswa Universitas Gunadarma, Tabel Dosen Universitas Gunadarma, dll.
- Query –> merupakan bagian dari Ms. Access yang dapat digunakan untuk menampilkan field – field tertentu dari beberapa tabel. Field dari bebeapa tabel tersebut kemudian dibuat menjadi tabel baru.
- Form –> merupakan bagian dari Ms. Access yang digunakan dalam proses menginput data ke tabel/ database.
- Report –> merupakan bagian dalam Ms. Access yang dapat digunakan dalam proses pelaporan database dan dapat di print out.
Dalam setiap tabel kita harus memiliki sebuah Primary Key yang digunakan sebagai identitas utama tiap data yang diinput dalam tabel tersebut. Sifat dari Primary Key adalah No duplicates, artinya tidak mungkin ada data dalam sebuah tabel yang memiliki Primary Key yang sama.
Selain
bagian – bagian penting seperti yang telah dijelaskan diatas, terdapat satu
fungsi utama yang sering digunakan dalam Ms. Access yaitu, Relationship.
Relationship dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa tabel dengan “Tabel
Penghubung”. “Tabel Penghubung” dapat dihubungkan dengan tabel lainnya karena
salah satu field dalam “Tabel Penghubung” merupakan Primary Key dari tabel
lain. Contohnya: Tabel Data konsumen dan Tabel Movie dapat dihubungkan dengan
Tabel Pemesanan (“Tabel Penghubung”) karena field yang tersedia dalam tabel
pemesanan berupa : ID Pemesanan, ID konsumen ( Primary Key dari tabel data
konsumen ), ID Movie (Primary Key dari tabel Movie), Jumlah Pemesanan dan biaya
pemesanan.
Pertama
harus kita ketahui dulu pengertian dari Database itu sendiri. Database
adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara
sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu Program komputer untuk
memperoleh informasi dari Database tersebut.
Konsep
dasar dari Database adalah kumpulan data rancu yang dijabarkan secara
sistematik sehingga data-data yang rancu tersebut menjadi sebuah informasi bagi
orang atau user yang melihatnya.
Berikut adalah berbagai macam dari
Database Management System ( DBMS ) :
1. MySQL
2. ORACLE
3.
FIREBIRD
4.
Microsoft SQL server 2000
5. Visual
Foxpro 6.0
6.
Database Desktop Paradox
dll.
Keuntungan
menggunakan Database :
1. Kontrol
data terpusat
2. Data
dapat dipakai bersama (share)
3. Redundansi
data ( kerancuan data ) dapat dihindari dan dikontrol
4.
Independensi data
5.
Integritas data yang terpelihara
dll.
Berikut adalah cara membuat database
sederhana dengan Microsoft Access 2010 :
·
Ketika Anda mulai
Access 2010, Anda melihat Microsoft Office Backstage melihat, di mana Anda bisa
mendapatkan informasi tentang database saat ini, membuat database baru, buka
database yang sudah ada, dan melihat konten yang ditampilkan dari Office.com.
·
Backstage melihat juga
berisi perintah-perintah lain yang dapat Anda gunakan untuk mengatur,
memelihara, atau berbagi database Anda. Perintah di Backstage melihat
biasanya berlaku untuk seluruh database, bukan ke objek dalam database.
·
CATATAN Anda bisa mendapatkan untuk Backstage melihat setiap saat
dengan mengklik tab File.
2. Buat nama filenya, lalu klik create.
4. Langkah selanjutnya adalah mengcreate table dengan mode design view untuk mengatur pembuatan field untuk table yang kita buat.
5. Setelah
mengklik Design View maka akan keluar jendela untuk kita membuat field
dan mengatur field properties dari table yang telah kita buat.
6.
Setelah mengatur field properties, klik kanan pada icon table yang kita buat
dan klik open dan kita tinggal mengisi record untuk field table yang telah kita
buat.
7. Save
Database dengan cukup menekan ctrl+s .
Perlu diketahui bahwa ekstensi file Microsoft Access
2010 berbeda dengan Microsoft Access 2003. Misalkan teman anda ingin melihat
Database yang anda buat dengan Microsoft Access 2010, sedangkan teman anda
menginstal Microsoft Access 2003 di laptopnya. Maka sudah pasti Database yang
dibuat di Microsot Access 2010 tersebut tidak akan bisa dibuka di Microsoft
Access 2003.
Cara Untuk Membuka file berekstensi
.accdb (Access 2010) di Microsoft Access 2003 ( .mdb ) adalah sebagai berikut:
1. Klik file > Save & Publish
> Access 2000 Database
MENGENAL QUICK ACCESS TOOLBAR
Quick
Access Toolbar (menu akses cepat) adalah group toolbar yang secara default
terletak di atas Tab Ribbon. Toolbars ini tersedian pada Ms. Office versi 2007
dan 2010. Pada Quick Access tedapat 3 tombol utama, yakni save (simpan), Undo
(batal), Redo (membatalkan Undo). Namun demikian, kita dapat memodifikasi Quick
Access Toolbar, yakni dengan menambah atau mengurangi tombol dan memindah
letaknya.
Menambah
dan mengurangi tombol pada Quick Access Toolbar
Cara 01
1.
Klik kanan area Quick Access
2.
Pilih Customize
Quick Access Toolbar
3.
Untuk menambah tombol, perhatikan
kolom sebelah kiri (choose command), pilih
tombol yang ingin anda tambahkan, kemudian klik Add
diantara 2 kolom tersebut
4.
Untuk mengurangi tombol, pilih
tombol pada kolom sebelah kanan (Customize Quick
Access Toolbar), kemudian klik Remove diantara
2 kolom tersebut
5.
Demikian seterusnya
1.
Klik kiri pada panah disebelah kanan
Quick Access Toolbar
2.
Maka akan terlihat deretan nama-nama
tombol, anda tinggal centang tombol mana yang ingin anda tambahkan, atau
menghilangkan centang jika ingin menghapus.
3.
Jika tombol tersebut kurang, anda
dapat meng-klik More Command, maka akan
tampil window seperti penjelasan Cara 01 di atas.
Memindah Posisi Quick Access Toolbar
Secara default, letak Quick Access Toolbar adalah di atas Ribbon, namun kita dapat memindahkannya di bawah Ribbon, caranya:
Cara 01
1.
Klik kanan area Quick Access Toolbar
2.
Pilih
Show Quick Access Toolbar Below the Ribbon
3.
Jika ingin memindah ke atas lagi,
pilih Show Quick Access Toolbar Above the Ribbon
Cara 02
1.
Klik panah disebelah kanan Quick
Access Toolbar
2.
Pilih Show
Below the Ribbon
3.
Jika ingin memindah ke atas lagi,
pilih Show Above the Ribbon
Nama Komponen Yang Terdapat Dalam Tabel Di Access
1.
Nama Table : sekumpulan data yang
memiliki topik tertentu. yang terdiri dari berbagai Field dan Record.
2.
Record merupakan kumpulan dari
beberapa field yang saling berhubungan tersimpan dalam bentuk baris pada tabel.
Satu tabel bisa terdiri dari beberapa record sekaligus.
3.
Field merupakan temapat data atau
informasi dalam kelompok sejenis yang dimasukkan atau diinputkan pada bagian
kolom tabel.
4.
Character merupakan bagian data
terkecil yang berjenis huruf, angka (numeric) atau karakter khusus yang
membentuk sutau item data/field
Dear Annisa Fauziyah,
BalasHapusCantumkan juga ya link ke web2 gunadarma seperti baak.gunadarma.ac.id, studentsite.gunadarma.ac.id, ejournal.gunadarma.ac.id, www.gunadarma.ac.id, dll
Trims,
Reza Chandra